Penjahit, Bukan Sekedar Profesi Biasa, Inspirasi Pekerjaan di saat Pandemi Corona


#Inspirasi Jadi Duit

Haloha, dalam bahasan kali ini, kita akan membahas tentang profesi dan kemampuan yang sangat menarik jika kita miliki. Apa itu? Yup, penjahit.



Ya, tentunya menjahit sendiri merupakan bagian dari dunia fashion desain. Walaupun seorang desainer pakaian memiliki sejumlah perbedaan mendasar dengan seorang penjahit tetapi kedua profesi ini masih berada di lingkup yang sama. Tentunya saya tak akan membahas masalah ini, tetapi saya lebih menyoroti kepada tingkat keberlangsungan profesi penjahit di tengah berbagai persoalan kehidupan termasuk pada situasi saat ini.

Yup, kita memang masih terus berjuang untuk menghadapi penyebaran virus corona yang masuk ke dalam kelompok virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit Covid-19. Penyebarannya yang sangat cepat, masif dengan cepat menjangkau hingga ke 215 negara di dunia. Akibat virus berbentuk mahkota ini pula, sejumlah sektor menjadi lumpuh. Banyak perusahaan terpaksa memutuskan hubungan kerja dengan karyawannya. Ada pula yang merumahkan hingga jangka waktu yang belum ditentukan.



Dua hari yang lalu, saya melihat sebuah perusahaan yang merumahkan semua karyawannya, isak tangis antara karyawan tak terbendung. Mereka saling merangkul dan menangis bersama, saling menguatkan. Betapa sedih melihatnya. Saat itu saya membayangkan seandainya saya berada pada kondisi seperti itu. Bertahun-tahun bekerja, lalu menjelang lebaran, anak-anak akan memasuki tahun ajaran baru, dimana kebutuhan melonjak tinggi, dan harus menghadapi kenyataan bahwa harus kehilangan penghasilan dan belum tahu harus melakukan apa. Belum lagi cicilan yang masih harus dibayar serta segudang rembetan persoalan lainnya. Tak terbayangkan.

Jika tak ada tempat bersandar, tak ada Sang Khalik, tak ada iman dalam hati, tentunya dunia berasa berakhir sudah. Kita semua tak pernah membayangkan situasi seperti ini. Kita begitu bahagia memasuki tahun kembar, sebuah tahun cantik dimana hanya terjadi 100 tahun sekali, 1919, 1818, 1717...dan 2020, begitu cantik, tetapi ternyata mengandung ujian yang tak terperi. Sungguh ironis. Tetapi mau tak mau kita harus tetap berjuang, untuk kehidupan, untuk keluarga dan orang-orang yang kita sayangi.


Di tengah semua ujian ini, memiliki kemampuan yang bisa membuat kita tetap bertahan adalah sebuah jalan keluar yang baik.
Salah satunya adalah kemampuan menjahit. Ya tentu saja, profesi ini termasuk yang terdampak besar dari pandemi ini, tetapi di sisi lain memunculkan peluang penghasilan yang luar biasa pula. Ya, bisa jadi seorang penjahit akan mengalami penurunan penghasilan dari orang-orang yang menjahit pakaian mereka untuk keperluan pesta, acara selamatan, kenduri, wisuda, prewedding, wedding dan lain sebagainya, tetapi tetap ada peluang untuk menjahit baju seragam sekolah hingga tentunya, masker.



Masker kini menjadi kebutuhan primer bagi kita semua. Ada banyak jenis dan bentuk masker. Dan peluang ini jika dilihat dengan seksama, akan mendatangkan penghasilan yang lumayan besar.

Selain itu, menjahit menjadi sebuah kemampuan yang sangat menguntungkan jika kita miliki karena beberapa alasan, diantaranya :


Memiliki potensi penghasilan dari berbagai peluang usaha yang menjanjikan.

Selama manusia ada di muka bumi, selama itu pula mereka membutuhkan pakaian. Ya, pakaian adalah kebutuhan primer bagi kita. Jadi kemampuan ini akan terus dibutuhkan dan terus menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Apalagi jika kita kreatif membuat terobosan dalam bidang fashion sehingga bisa menghasilkan produk-produk inovatif yang tentunya dibutuhkan oleh orang banyak.
Sebut saja penjahit bantal karakter, penjahit baju boneka, penjahit celemek unik, penjahit dasi karakter, penjahit gamis cantik dan masih banyak lagi potensi besar dari kemampuan yang satu ini.


Bisa menekan biaya pengeluaran untuk hal-hal yang berhubungan dengan jahit-menjahit.


Jika kita tak ingin menjadikan profesi ini menjadi sumber utama penghasilan kita, kita tetap bisa kok mendapat keuntungan yang lumayan menghemat pengeluaran kita. Ya, minimal tidak harus pergi keluar untuk menjahit celana yang sobek kan? Apalagi di saat kita harus stay at home seperti ini.
Di lain waktu tentunya kita bisa berkreasi untuk menghasilkan sendiri pakaian yang sesuai selera kita. Selain membuat kita bisa tempil beda, tentunya akan menjadi ciri khas penampilan kita. Karena pakaian yang baik akan mencerminkan diri kita yang baik pula tentunya. Jadi penting banget menjaga pakaian kita karena hal tersebut adalah imej diri kita.


    Bisa dilakukan dari rumah, sehingga tak memerlukan tempat khusus.

Di saat kita harus banyak melakukan penghematan yang sangat luar biasa, memilih usaha yang mengharuskan kita menyewa tempat tambahan adalah sesuatu yang sangat berat tentunya. Tapi tidak dengan profesi yang satu ini. kita bisa melakukannya dari rumah. Space yang dibutuhkan pun tak terlalu besar. yang penting kita punya mesin jahit plus pernak-pernik seperti benang aneka warna, jarum jahit, kancing, pembuka benang dan segala macamnya.
Kita tinggal mengiklankan usaha kita melalui laman media sosial dengan contoh produk yang kita hasilkan sehingga bisa dikenal oleh orang banyak. pemasaran produk secara online tentunya menjadi pilihan yang baik terutama dalam situasi seperti saat ini ya.



  Bisa menjadi sumber penghasilan tambahan di luar penghasilan utama.

Jika kita ternyata telah memiliki sumber penghasilan lain, menjadi penjahit yang menjahit saat ada permintaan saja menjadi sebuah alternatif sumber penghasilan lain yang lumayan kan. Nah kuncinya tentu saja di pengaturan waktu. Bagaimana kita memanajemen waktu kita agar tetap bisa menjalankan berbagai usaha yang kita miliki.



Selanjutnya bagi yang ingin memiliki kemampuan ini, tentunya ada banyak tempat kursus baik yang bersertifikasi sehingga kita bisa sampai menempuh ujian negara berupa ujian kompetensi hingga kursus pribadi yang menjamin kita bisa menjahit misalnya dalam sekian kali pertemuan atau sekian bulan kursus.

Ditambah lagi kini banyak situs, blog dan website yang memberikan materi yang bisa kita jadikan referensi di dunia jahit-menjahit. Sehingga kemampuan menjahit kita akan terus terasah. Selain itu, lengkapi diri dengan kemampuan mengiklankan produk secara digital dan teruslah berinovasi agar tetap bisa bertahan. Pelajari pula cara membuat pembukuan yang sederhana, pasar yang kita tuju dan bagaimana melakukan bisnis secara profesional. Dan lakukan semuanya dengan penuh cinta dan semangat.



Jadi, mau menjadi penjahit profesional yang inovatif atau sekedar menjahit sendiri bajumu, kemampuan ini tetap bisa menjadi kemampuan yang sangat menyenangkan.

Sumber gambar :
pexels.com