Inspirasi Untuk Konsisten dalam Kebaikan

#Inspirasi Hari Ini

 

Salah satu nilai – nilai Islam yang bisa kita teladani adalah konsisten dalam melakukan kebaikan. Konsisten dalam berbuat baik bukanlah perkara mudah, karena membutuhkan niat, kemauan dan tujuan yang jelas. Tujuan agar kita terus berada di jalan kebaikan sehingga kelak ketika kita kembali kepada-Nya, maka kita akan kembali dalam kebaikan.



 

Melakukan kebaikan tidak harus langsung melakukan hal – hal besar yang terlihat. Ada banyak jalan untuk melakukannya. Yang terpenting adalah mulailah dari diri sendiri, mulailah saat ini juga dan mulailah dengan hal – hal yang kecil. Bahkan menahan diri untuk tidak berbuat buruk dan merugikan orang lain atau bumi tempat kita tinggal juga merupakan sebuah kebaikan.

 


Membangun kebiasaan untuk konsisten melakukan kebaikan bisa kita lakukan dengan terus – menerus menyadari bahwa dengan jalan inilah kita bisa meraih ridha dan cinta-Nya. Allah menyuruh kita untuk melakukan kebaikan. Maka konsisten melakukan kebaikan dan terus berada di jalan kebaikan adalah bagian dari mentaati perintah Allah.



 

Ada begitu banyak kebaikan yang bisa kita lakukan. Tidak perlu harus terlihat oleh orang lain hingga kita diakui sebagai orang baik. Yang terpenting adalah menjaga niat kita. Sungguhpun perbuatan baik itu tak diketahui oleh siapapun, namun Allah Maha Melihat. Seluruh kebaikan dan amal kebaikan kita akan tercatatat, sekecil apapun itu. Menjadi orang baik adalah dasarnya. Dan menebarkan kebaikan adalah realisasi dari kebaikan yang telah dicanangkan di diri kita tersebut.

 


Dalam Islam, kebaikan adalah akhlak yang baik. Kebaikan adalah apa saja yang membuat hati tenang. Sementara dosa adalah hal yang sebaliknya. Dengan demikian, saat kita berbuat baik, konsisten dalam kebaikan adalah sama dengan menabung pahala untuk kebaikan kita sendiri. Sesungguhnya seluruh kebaikan yang kita lakukan akan kembali kepada kita. Karena kehidupan ini bagaikan cermin yang memantulkan apa yang kita lakukan. Apa yang kita tanam, akan kita panen. Jadi pastikan apa yang kita tanam adalah yang baik. Hingga jika kelak kita telah kembali kepada-Nya, tak ada penyesalan karena tak berbuat baik semasa hidup. Semoga kita bisa konsisten berada di jalan kebaikan.

 

Sumber :

risalahislam.com

freepik.com