Ingin Lari dari Masalah yang Tak Kunjung Usai, Damaikan Dirimu dengan Quote Bijak Berikut


#Inspirasi hari ini

Masalah sudah menjadi bagian dari kehidupan itu sendiri. Tak ada kehidupan yang bisa lepas darinya. Kapasitas masalah pun bermacam – macam. Ada yang memiliki kapasitas kecil hingga hanya butuh sedikit energi dan waktu untuk menyelesaikannya. Tetapi ada pula masalah yang demikian besar, berkaitan dengan orang lain dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit serta energi yang luar biasa untuk menyelesaikannya. Sedemikian besar masalah tersebut hingga menyita fokus dan mengambil alih hampir keseluruhan kehidupan itu sendiri.


Berbagai cara telah dilakukan. Tetapi masalah itu tak kunjung selesai. Hingga mencapai titik dimana seseorang yang menghadapinya tak mampu lagi berbuat apapun. Dan merasa hanya dengan lari dari masalah tersebutlah yang aken membantu penyelesaian masalah dengan berharap waktu akan menyelesaikannya. Benarkah demikian?



Sesungguhnya semua masalah ada untuk mengukur kapasitas yang dimiliki oleh seseorang. Dan tidaklah masalah datang kepada mereka yang tak sanggup bertahan menghadapinya. Masalah itu adalah sebuah ujian yang akan menempa seseorang untuk jadi lebih besar lagi. Lebih berkualitas dan lebih baik pada akhirnya. Tetapi, tidaklah mudah untuk menyadari hal ini dan terus termotivasi untuk bersabar dan bertahan manakala masalah yang demikian besar terua menghantui hari – hari kita dan menjadikan kenyamanan tak lagi menghampiri kita.

Baca juga : Inspirasi saat lelah menghadapi kehidupan

Sebagai manusia, di situlah letak titik terlemah kita. Dimana kita harus mengakui bahwa kita membutuhkan bantuan. Bahwa kita tak akan bisa menyelesaikan semua masalah kita sendiri. Maka, alih – alih terus bersikap seakan kita mampu lalu melarikan diri dari masalah tersebut, akuilah bahwa kita adalah makhluk yang lemah. Lalu bersandarlah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Berdoalah kepadanya agar diberi penyelesaian terbaik menurut-Nya. Dan mendatangkan pertolongan melalui berbagai hal yang bisa jadi tak terpikirkan oleh kita.



Sesungguhnya tak ada masalah yang demikian besar selama kita mau mengakui kelemahan diri kita dan mau meminta pertolongan kepada-Nya. Jangan pula menuntut bahwa masalah tersebut akan selesai dengan sesuai dengan keinginan kita. Cepat lambatnya penyelesaian masalah dari-Nya adalah ketentuan-Nya. Tinggal bagaimana sikap kita selama penyelesaian masalah tersebut. Apakah tetap bersabar atau justru mengeluh tiada akhir.

Jangan pernah lari dari masalah. Hadapilah dengan kebesaran hati. Meskipun kita harus menghadapi penyepelean, direndahkan dan dihina. Selama kita bersandar kepada-Nya untuk menyelesaikan masalah tersebut, maka saat – saat menunggu tersebut adalah saat terbaik untuk menunjukkan kesabaran kita. Juga rasa tanggung jawab dan kapasitas kita sebagai seorang manusia yang bertanggung jawab terhadap kehidupannya. Dan akan ada akhir yang indah bagi mereka yang meyakini kekuatan Tuhan untuk menyelesaikan masalahnya. Dan bukannya lari dari hadapan manusia karena takut dengan penghinaan yang tak sanggup ditahannya.

Sumber gambar : freepik.com