Langsung ke konten utama

Pengaruh Puasa Terhadap Membaiknya Fungsi Hormon, Membuat Tubuh Makin Sehat


Puasa hari ke-4

Yuhu Temans, udah masuk hari ke-4 bulan Ramadhan ya. Sudah berapa halaman nih tilawahnya? Nah, yuk rehat sejenak sambil membaca manfaat puasa bagi tubuh kita. Dan hari ini kita mau bahas manfaat puasa untuk hormon-hormon di dalam tubuh kita. Lanjut.

Salah satu unsur penting dalam tubuh manusia yang membuat tubuh kita bekerja dengan baik adalah hormon. Hormon merupakan zat kimia dalam tubuh, bagian dari sistem endokrin yang mempengaruhi sebagian besar sistem utama dan proses dalam tubuh yang meliputi fungsi pencernaan makanan, penyerapan zat gizi, fungsi seksual, reproduksi, pertumbuhan dan perkembangan hingga detak jantung, suhu tubuh, siklus tidur, mood, rasa haus, kendali nafsu makan, fungsi kognitif dan lainnya. Dengan kata lain, hormon sangat diperlukan dalam berbagai proses fisiologis dan biokimia tubuh kita.



Hormon bergerak dalam aliran darah ke jaringan dan organ. Sedikit saja keseimbangan hormon terganggu, maka akan berpengaruh kepada kesehatan seseorang pada umumnya. Beberapa penyebab gangguan hormon disebabkan oleh pertambahan usia, kelainan genetik, kondisi medis tertentu, paparan racun dan terganggunya jam biologis. Hormon dihasilkan oleh kelenjar endokrin yang dialirkan langsung ke pembuluh darah.



Puasa dengan benar akan mengatur metabolisme tubuh dan membantu tubuh membuang sel – sel rusak sekaligus hormon atau zat – zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Puasa juga akan mendetoksifikasi tubuh guna mengeluarkan racun, meremajakan sel – sel tubuh dan mengganti sel – sel rusak dengan yang baru serta secara otomatis memperbaiki fungsi hormon, menjadikan kulit sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Ketika berpuasa, segala macam racun dalam tubuh, sel mati, jaringan rusak, kelebihan lemak dalam tubuh akan diusir keluar dari tubuh, tubuh selanjutnya akan memperbarui dirinya setelah sekian lama bekerja keras. Kesempatan ini didapatkan karena sebagian besar organ tubuh manusia mendapat kesempatan beristirahat dari tugas utamanya sehingga bisa melakukan pekerjaan untuk meremajakan dirinya.


Keseimbangan fungsi hormon ini akan membuat berbagai proses dalam tubuh akan kembali berjalan dengan baik dan seimbang. Walaupun kita tak bisa melihat bagaimana proses tersebut berlangsung, tetapi dengan tubuh yang bugar setelah berpuasa selama satu bulan penuh, maka kita akan merasakan manfaat yang luar biasa dari perintah Allah kepada kita hamba-Nya agar kita menjadi semakin bertakwa.

Sumber :
hellosehat.com
tirto.id
m.fimela.com
masterholistic.com
freepik.com


Komentar

  1. Selama puasa seperti mengalami regenarsi ya, jadi makin sehat juga. Bayangkan aja kalau selama ini makan terus tanpa istirahatm nah di saat puasa waktunya detok juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mbak Lidya, segudang manfaat dari puasa, makin sehat makin cakep deh, hihi.

      Hapus
  2. Sekalian mengistirahatkan organ2 pencernaan yaa biar ga ngegiling teruuss.Beneran kemaren udah jenuh makan pas wfh nih, nyampe bingung mesti masak apa lagi, padahal stok dikulkas banyak, pokonya lagi kurang bersyukur deh.
    Alhamdulillah dikasih puasa, rasanya enak, tenang, ke badan juga ringan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi, ngegiling mulu ya Mbak kaya pabrik, sekarang lagi pemeliharaan biar sel tubuh awet muda terus ya Mbak.

      Hapus
  3. Aku percaya sih tubuh perlu istirahat nggak full capacity terus. Tubuh perlu recharge untuk meremajakan fungsi-fungsi tubuh. Bersyukur umat Islam diberi kesempatan untuk break dengan adanya Ramadhan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mbak Lusi, betul banget-banget. Ramadhan itu saatnya tubuh bisa istirahat sekaligus meremajakan dirinya.

      Hapus
  4. Insya Allah dengan pola makan yang benar, aktivitas berpuasa selama sebulan ini akan mampu detox tubuh kita dari berbagai makanan yang semula tak keruan kita konsumsi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget Mbak Uniek, saatnya mendetoks tubuh untuk mengeluarkan sampah-sampah dari dalam tubuh kita.

      Hapus
  5. Masya Allah. Puasa memang punya segudang manfaat ya gen, termasuk untuk hormon dan perbaikan sel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak, banyak terkandung hikmah dan manfaat dari puasa. makin banyak tahu makin semangat puasanya, hehe

      Hapus
  6. ternyata berpuasa malah banyak manfaatnya ya mbak :) tidak heran di semua ajaran agama di sarankan berpuasa di waktu2 tertentu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mbak Winda. bener banget. asal dilakukan dengan benar, puasa punya segudang manfaat bagi kita.

      Hapus
  7. banyak manfaat yang bisa kita dapatkan saat berpuasa yaa, Mba. Salah satunya badan bisa lebih langsing :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...ini bonusnya Mbak. yang penting jangan kalap pas lebaran, bisa2 naik lagi timbangannya ke kanan, wkwkwk

      Hapus
  8. Memang puasa banyak membawa manfaat ya mba..dan berfungsi seperti detox dari segala keburukan di 11 bulan sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mbak Indah. kini saatnya tubuh kita mendapat perlakuan istimewa ya Mbak.

      Hapus
  9. Alhamdulillah, puasa day 4 masih lancar nih mba..
    bener banget mba, puasa tuh malah bikin badan jadi seger.. mungkin karena hormon kita jadi seimbang kali ya kalo puasa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, semangat terus puasanya ya Mbak.

      Hapus
  10. Masya Alloh puasa kali ini spesial bgt. Di grup keluarga saling menyemangati dan ga ribut dg hal kedunuawian.

    Puasa bikin sehat, insya Alloh jika pikiran dan hati kita positif menyambutnya.

    Sebelum puasa sebetulnya saya ada rasa galau. Gimana nanti puasa di tengah pandemi. But, alhamdulillaah so far so good.

    Semoga terus meningkat kualitas ibadah kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mbak. puasa yang benar malah bisa meningkatkan kesehatan secara umum agar makin kuat di tengah pandemi ini.

      Hapus
  11. Memang banyak sekali manfaat puasa bagi tubuh dan juga jiwa kita ya. Aku sedang berusaha menjalankan puasanya ulat, dan bukan puasanya ular. Hehe..

    BalasHapus
  12. Puasa memang baik mbak dan melancarkan metabolisme tubuh sehingga menjadi lebih baik. Sebagai Kristiani, saya juga rajin puasa mbak, sekarang masih menyusui di hold dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mbak Arda, kalau masih menyusui en khawatir ngaruh ke ibu or babynya, silakan dihold dulu.

      Hapus
  13. Puasa memang memberikan waktu untuk tubuh untuk memperbaiki organ2 dengan istirahat sejenak. Padahal selama bulan puasa ini boleh dibilang buibu waktu istirahatnya agak berkurang dari biasanya, tapi badan tetap terasa bugar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya Mbak. berasa banget ya. biar tidur kurang, aktivitas nambah malahan seger ya, hihi

      Hapus
  14. puasa itu memang sehat untuk tubuh ya mbak, bisa melancarkan metabolisme tubuh, istilah nya memberikan waktu buat istirahat hihi

    BalasHapus
  15. iya Mbak Demia, istirahat bagi tubuh sekaligus meremajakan dirinya biar kita makin sehat.

    BalasHapus
  16. Aku setuju banget kalo puasa ini mempengaruhi kesehatan kita, berpengaruh ke arah yang lebih baik tentunya.. tapi tetep memperhatikan asupan makanan saat berbuka dan sahur, harus tetap makan makanan yang sehat dan bergizi

    BalasHapus
  17. Puasa kali ini terasa lebih ringan.
    Padahal malah makin sering begadang.
    Alhamdulillah~

    Aku mikirnya karena shaum tahun ini jarang jajan kan yaa...jadi semua masak sendiri. Ngefek banget ke stamina.

    BalasHapus
  18. Iya beneran puasa itu menyehatkan tapi pelakunya kadang tetep salah dalam prakteknya karena pas buka ada yg harus selalu ada gorengan...huhu..kaget lagi tuh perut .

    BalasHapus
  19. Memang ya mba manfaatnya luar biasa sekali puasa jadi memgembalikan metabolisme tubuh alhamdulah baru 3 hari puasa dtg bulan hehehe

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah dengan berpuasa insyaAllah jadi lebih sehat dan kuat ya mba. Alhamdulillah semuanya berjalan baik ya

    BalasHapus
  21. Alhamdulillah kami bahkan mengalami secara nyata bahwa setiap habis puasa badan jadi ringan dan jauh dari sakit apapun. Selama Ramadan juga di tempat kerja kami jarang ada orang yang sakit.

    BalasHapus
  22. aku percaya banget sih kalau puasa memang bikin kita sehat. baru 5 harian aja udah kerasa manfaatnya buat tubuh, insya Allah :)

    BalasHapus
  23. Sebelum puasa, kalau pas kurang tidur aku pasti cepat oleng, Mbak, perut kembung juga.

    Alhamdulillah, ini pas puasa, meski kurang tidur juga, keluhan masuk angin dan sakit perutku malah lenyap.

    BalasHapus
  24. belakangan suka ada isu puasa gak bagus krn ada corona dll, pdhl sesungguhnya puasa banyak manfaatnya ya mbak. InsyaAllah suasana kyk sekarang gak mengurangi kekhusyukan untuk tetap menjalankan ibadah puasa :)

    BalasHapus
  25. Puasa ini jadi detox, lebih teratur makan dan lebih selektif memilih asupan makanan. Jadi memang puasa itu punya dampak positif buat kesehatan tubuh kita.

    BalasHapus
  26. bener banget, mbak..
    waktu puasa kita juga secara natuural lebih picky saat mau makan.
    sok-sok nyari yang sehat-sehat gitu, haha.

    BalasHapus
  27. MasyaAllah, makin bersyukur dgn jalani ibadah ini ya Mba
    Semacam detoks tubuh juga kan

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi Blog saya dan mohon tinggalkan komentar ya.

Postingan populer dari blog ini

Jangan Menikah karena Cinta

#Inspirasi dari Kak Rimalia (part 2)
Hai..hai...ini dia inspirasi kedua dari kakak saya, kak Rimalia. Kali ini akan membahas tentang landasan pernikahan ya. Yuk langsung aja disantap...

Tahukah Anda, mayoritas pasangan yang menikah akan mengatakan mereka menikah karena saling mencintai. Survei yang dilakukan oleh Pew Research Center di Amerika Serikat pada tahun 2010 menemukan bahwa 93% responden yang sudah menikah mengatakan cinta adalah fondasi utama dari pernikahan. Hasil yang hampir sama juga ditunjukkan oleh responden belum menikah yaitu 84%.Hasil ini mendukung survei yang dilakukan pada tahun 1986 yang menemukan mayoritas pria dan wanita di Amerika Serikat tidak akan menikah jika tidak mencintai pasangannya,
Data-data ini menunjukkan bahwa manusia memandang cinta romantis sebagai alasan utama untuk menikah. Tetapi dalam kenyataannya angka perceraian tak pernah menurun. Sehingga timbul pertanyaan apakah menikah karena cinta adalah keputusan yang tepat?
Aaron Beckyang dikenal sebagai…

Banyak Jalan Berbagi Kebaikan, Banyak Jalan Mendapatkan Kebaikan, Inilah Kebaikan Berbagi Bagi Kita

Kita diciptakan oleh Allah dengan tujuan untuk beribadah kepada-Nya. Dan untuk itu, kita diberikan tuntutan yang sangat jelas melalui kalam-Nya yang termaktub di Al-Quran dan hadist yang diwasiatkan Rasulullah kepada kita. Dan dari perintah mulia tersebut, perintah untuk berbagi adalah salah satu perintah yang diberikan kepada kita. Perintah ini diantaranya terdapat dalam Surat An-Nisa ayat 114, surat Ali Imran ayat 92, surat Al Baqarah ayat 261 dan surat At Thalaq ayat 7.
Berbagi sendiri merupakan salah satu cara paling efektif untuk memperoleh kebahagiaan. Tak tanggung-tanggung, kebahagiaan dunia dan akhirat bisa kita dapatkan sekaligus. Selain itu kita bisa terbebas dari sikap khawatir, memperoleh ketenangan batin, menyucikan hati, terhindar dari sikap kikir yang merugikan dan masih banyak lagi.

Manfaat Berbagi :
Manfaat berbagi ini ternyata telah banyak diteliti oleh para ahli. Dimana dari hasil penelitian - penelitian ini menunjukkan hasil yang hampir sama. Dimana ketika seseorang…

Penjahit, Bukan Sekedar Profesi Biasa, Inspirasi Pekerjaan di saat Pandemi Corona

#Inspirasi Jadi Duit
Haloha, dalam bahasan kali ini, kita akan membahas tentang profesi dan kemampuan yang sangat menarik jika kita miliki. Apa itu? Yup, penjahit.


Ya, tentunya menjahit sendiri merupakan bagian dari dunia fashion desain. Walaupun seorang desainer pakaian memiliki sejumlah perbedaan mendasar dengan seorang penjahit tetapi kedua profesi ini masih berada di lingkup yang sama. Tentunya saya tak akan membahas masalah ini, tetapi saya lebih menyoroti kepada tingkat keberlangsungan profesi penjahit di tengah berbagai persoalan kehidupan termasuk pada situasi saat ini.
Yup, kita memang masih terus berjuang untuk menghadapi penyebaran virus corona yang masuk ke dalam kelompok virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit Covid-19. Penyebarannya yang sangat cepat, masif dengan cepat menjangkau hingga ke 215 negara di dunia. Akibat virus berbentuk mahkota ini pula, sejumlah sektor menjadi lumpuh. Banyak perusahaan terpaksa memutuskan hubungan kerja dengan karyawannya. Ada pula yang me…