Pengaruh Puasa Terhadap Membaiknya Fungsi Hormon, Membuat Tubuh Makin Sehat


Puasa hari ke-4

Yuhu Temans, udah masuk hari ke-4 bulan Ramadhan ya. Sudah berapa halaman nih tilawahnya? Nah, yuk rehat sejenak sambil membaca manfaat puasa bagi tubuh kita. Dan hari ini kita mau bahas manfaat puasa untuk hormon-hormon di dalam tubuh kita. Lanjut.

Salah satu unsur penting dalam tubuh manusia yang membuat tubuh kita bekerja dengan baik adalah hormon. Hormon merupakan zat kimia dalam tubuh, bagian dari sistem endokrin yang mempengaruhi sebagian besar sistem utama dan proses dalam tubuh yang meliputi fungsi pencernaan makanan, penyerapan zat gizi, fungsi seksual, reproduksi, pertumbuhan dan perkembangan hingga detak jantung, suhu tubuh, siklus tidur, mood, rasa haus, kendali nafsu makan, fungsi kognitif dan lainnya. Dengan kata lain, hormon sangat diperlukan dalam berbagai proses fisiologis dan biokimia tubuh kita.



Hormon bergerak dalam aliran darah ke jaringan dan organ. Sedikit saja keseimbangan hormon terganggu, maka akan berpengaruh kepada kesehatan seseorang pada umumnya. Beberapa penyebab gangguan hormon disebabkan oleh pertambahan usia, kelainan genetik, kondisi medis tertentu, paparan racun dan terganggunya jam biologis. Hormon dihasilkan oleh kelenjar endokrin yang dialirkan langsung ke pembuluh darah.



Puasa dengan benar akan mengatur metabolisme tubuh dan membantu tubuh membuang sel – sel rusak sekaligus hormon atau zat – zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Puasa juga akan mendetoksifikasi tubuh guna mengeluarkan racun, meremajakan sel – sel tubuh dan mengganti sel – sel rusak dengan yang baru serta secara otomatis memperbaiki fungsi hormon, menjadikan kulit sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Ketika berpuasa, segala macam racun dalam tubuh, sel mati, jaringan rusak, kelebihan lemak dalam tubuh akan diusir keluar dari tubuh, tubuh selanjutnya akan memperbarui dirinya setelah sekian lama bekerja keras. Kesempatan ini didapatkan karena sebagian besar organ tubuh manusia mendapat kesempatan beristirahat dari tugas utamanya sehingga bisa melakukan pekerjaan untuk meremajakan dirinya.


Keseimbangan fungsi hormon ini akan membuat berbagai proses dalam tubuh akan kembali berjalan dengan baik dan seimbang. Walaupun kita tak bisa melihat bagaimana proses tersebut berlangsung, tetapi dengan tubuh yang bugar setelah berpuasa selama satu bulan penuh, maka kita akan merasakan manfaat yang luar biasa dari perintah Allah kepada kita hamba-Nya agar kita menjadi semakin bertakwa.

Sumber :
hellosehat.com
tirto.id
m.fimela.com
masterholistic.com
freepik.com