Menakjubkan, Ternyata Puasa Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan Mata Kita


Counting down – 18 hari menuju Ramadhan yang mulia

Hmm, mengulik manfaat puasa untuk semua bagian dari tubuh kita, hari ini kita akan eksplor manfaat puasa untuk kesehatan mata. Cus, lanjut.

Sumber gambar : sixsensehealing.com

Temans, kamu tentunya tahu kan jika mata merupakan organ vital yang berfungsi untuk melihat. Dan organ inilah yang paling sering digunakan diantara kelima indera lainnya. Mata merupakan sarana utama untuk mendapatkan informasi dari lingkungan sekitar kita. Karena ternyata 75% dari informasi yang kita terima merupakan informasi visual.

Seiring perkembangan teknologi, penggunaan gawai dan media elektronik mengalami peningkatan yang sangat pesat. Hal ini sangat berpengaruh dengan kesehatan mata sehingga saat ini sering terjadi masalah kesehatan pada mata bahkan di usia anak – anak sekalipun. Kesehatan mata juga bisa dipengaruhi oleh berbagai penyakit yang bisa mempengaruhi fungsi mata seperti pada penderita hipertensi.


sumber gambar : Pixabay.com


Dilansir dari salah satu situs kesehatan, khusus bagi penderita rabun, berpuasa akan membuat pandangan mata menjadi lebih jernih, jelas dan tajam. Menurut sebuah riset, orang yang menjalani puasa akan mengalami peningkatan penglihatan setelah berpuasa. Pada saat kita berpuasa, tubuh akan melakukan  detoksifikasi di berbagai area, termasuk mata. Dan proses ini akan berlangsung secara maksimal. Proses inilah yang menjadikan mata kita memiliki fungsi dan kinerja yang meningkat.


Sementara itu, beberapa kelainan mata yang dipengaruhi oleh faktor psikis atau pikiran seperti kelainan mata karena hipertensi, gula dan sumbatan pembuluh darah retina, kondisinya akan ikut membaik. Karena puasa akan menyebabkan ketenangan pikiran. Kelainan mata yang dipengaruhi oleh masalah psikis menyebabkan pembengkakan di daerah makula retina. (CSCR : Central Serous Chorioretinopathy). Kelainan mata terjadi karena proses – proses autoimmune disease. Kebengkakan ini terjadi akibat kebocoran dan penimbunan cairan. Walaupun kelainan mata akibat masalah psikis belum terungkap dengan jelas, namun hampir semua penderita masalah mata akibat gangguan psikis memang mengalami gangguan kesehatan psikis.


Sumber gambar : Pixabay.com

Karena puasa melahirkan ketenangan psikis, maka masalah – masalah psikis yang menyertainya akan ikut teratasi termasuk masalah mata. Dan tentunya menjaga kesehatan mata dengan tidak terlalu membebaninya, menggunakan mata dengan baik dan makan makanan yang menunjang kesehatan mata merupakan faktor pendukung lain untuk menjadikan mata kita sehat.

Sumber :
muslimarket.com
liputan6.com
apotekstasiun24jam.com