Menakjubkan, Puasa Bisa Memperlambat Proses Penuaan Tubuh


Counting down – 13 hari menuju Ramadhan yang mulia

Kurang dari dua minggu lagi ya Temans, Insya Allah kita akan memasuki bulan Ramadhan yang mulia. Hmm, suasana bulan suci sudah terasa ya. Jadi hayuk kita tingkatin semangat kita agar bisa maksimal beribadah setiap harinya terutama di bulan suci nanti.

Dan hari ini kita bahas manfaat puasa yang ternyata oh ternyata bisa memperlambat proses penuaan tubuh. Ya, menjadi tua adalah sesuatu yang alami, tetapi memiliki sel – sel tubuh sehat sehingga tetap bisa produktif adalah sebuah pilihan. Bukan rahasia lagi jika gaya hidup yang tak sehat, paparan stres hingga berbagai penyebab lain disinyalir juga ikut mempercepat datangnya proses penuaan tersebut. tetapi dengan puasa yang baik, manfaat ini bisa kita dapatkan lho.


Menurut para ahli, dengan berpuasa yang berarti memberi batasan kalori yang masuk ke dalam tubuh adalah salah satu cara yang telah terbukti dapat memperlambat penuaan dan mencegah penyakit yang timbul pada usia lanjut dan juga penyakit kanker. Saat berpuasa, pengurangan jumlah kalori berkisar dari 10 – 40%. Pengurangan kalori ini juga menurunkan resiko penyakit lain seperti diabetes dan ginjal serta mengurangi komposisi lemak. Ikut mengatur tekanan darah, menurunkan kolesterol yang pada akhirnya memperlambat proses penuaan.


Penelitian Endokrinologi juga menunjukkan bahwa perubahan pola makan saat kita berpuasa akan mengakibatkan penurunan pengeluaran hormon sistem pencernaan dan insulin dalam jumlah yang besar. Penurunan hormon ini ternyata merupakan salah satu rahasia untuk memperpanjang usia harapan hidup.

Berpuasa juga membantu proses regenerasi sel sehingga terjadi pergantian sel. Hal ini juga membantu tubuh untuk meremajakan tubuhnya dan membuat fungsi organ tubuh mengalami perbaikan. Semua proses regenerasi mulai dari tingkat sel, jaringan, organ hingga sistem organ ditambah perbaikan mental dan kondisi rohani kita yang berpuasa juga akan mengalami perbaikan yang signifikan.


Keseluruhan proses ini adalah dampak positif dari berpuasa yang akan membantu memperlambat proses penuaan. Dengan berpuasa, rasa syukur juga akan meningkat, membantu pengurangan stres dari tekanan kehidupan dan menambah kedekatan dengan Allah. Rasa penerimaan ini akan membuat sel – sel tubuh menjadi relaks. Hal ini juga membantu memperlambat proses penuaan.

Jadi walaupun kita tak bisa mencegah bertambahnya usia, tetapi kita bisa memperpanjang usia harapan hidup dan meningkatkan kualitas hidup dimana kita akan bertambah umur dengan tetap bersemangat dan terhindar dari berbagai penyakit berkat puasa yang memberi dampak kesehatan yang menakjubkan.

Sumber :
infoglobalkita.com
freepik.com
hipwee.com