Luar Biasa, Puasa Ternyata Efektif Mengurangi Stres, Ini Penjelasannya


Counting down – 4 hari menuju Ramadhan mulia

Tinggal menghitung hari lagi Temans, kita akan memasuki bulan suci Ramadhan ya. Insya Allah malam Jumat pekan ini kita sudah memasuki bulan suci Ramadhan dan melaksanakan shalat Tarawih. Yup, walaupun kita dihimbau untuk tetap di rumah untuk melaksanakannya.
Nah, agar makin khusyu melaksanakan shaumnya, yuk kita kulik manfaat puasa yang ternyata oh ternyata sangat efektif mengurangi stres. Apalagi di tengah perjuangan menghadapi pandemi Covid-19 ini dengan segala sektor yang terdampak olehnya, kita sangat rentan untuk menjadi stres.

Puasa ternyata bisa menjadi solusi untuk mengurangi stres yang berpotensi menurunkan imunitas tubuh tersebut. Bagaimana caranya? Hayuk kita lanjut.

Kita sering mendengar istilah stres. Stres memang bukan penyakit fisik yang bisa terdeteksi keberadaannya seperti penyakit fisik yang terlihat. Tetapi stres bisa mengundang berbagai penyakit fisik mulai dari panyakit lambung, jantung berdebar cepat hingga berbagai penyakit berat. Keberadaan stres memang tak bisa dipandang enteng. Pada banyak kasus, stres akut bisa menyebabkan penderitanya bisa melakukan tindakan ekstrim.


Dilansir dari Hamad Medical Corporation, puasa menyebabkan adanya perubahan struktural pada area otak yang terkait dengan depresi. Pada saat bersamaan, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang dikenal dengan hormon kebahagiaan. Hormon ini akan membuat suasana hati menjadi membaik. Kondisi ini juga membuat seseorang yang sedang menderita stres akan mulai berpikir positif tentang dirinya dan hal – hal di sekitarnya. Puasa juga akan membentuk perlindungan diri terhadap gejolak emosi yang bisa muncul kapan saja.


Puasa juga akan menurunkan beban kerja pada sel –sel tubuh sehingga mampu memperbaiki kerusakan sel dari sres oksidatif. Stres oksidatif merupakan kondisi tubuh dimana jumlah radikal bebas akan lebih banyak daripada pertahanan tubuh itu sendiri. Jika stres ini tak dihilangkan dari dalam tubuh, maka sel – sel tubuh akan rusak secara perlahan dan menimbulkan berbagai penyakit.


Saat berpuasa, sistem kekebalan tubuh juga meningkat dan kadar kolesterol jahat menurun. Kondisi ini akan menstimulasi sistem tubuh untuk melakukan pembersihan diri. Dan memberikan berbagai nutrisi kepada sel – sel tubuh dengan tepat. Hal ini akan meningkatkan kebugaran tubuh. Kebugaran tubuh juga akan berimbas pada kesehatan mental. Sehingga tubuh akan mampu mengendalikan dirinya dengan baik. Dengan kondisi mental dan emosi yang baik, maka secara otomatis, stres pun bisa terkendali. Kemampuan otak juga ikut meningkat dan berpengaruh pada penurunan hormon kortisol pada kelenjar adrenal sehingga stres pun akan mampu kita hindari dan kelola dengan baik.

Sumber :
doktersehat.com
hellosehat.com
freepik.com