YUK BIJAK BERTEMAN DENGAN TELEVISI

# Tips Hari Ini


Kamu suka menonton TV? Atau anggota keluargamu suka menonton TV? Yup, hampir setiap rumah di seluruh dunia ini memiliki televisi (disingkat TV) di dalamnya. TV adalah bagian penting yang nyaris tak terpisahkan dalam perkembangan peradaban umat manusia. Cikal – bakal TV yang kita kenal saat ini mulai dikembangkan di akhir abad 19. Seiring perkembangan jaman, TV pun mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dimulai dari pemancaran gambar bayangan bergerak di tahun 1920 - an oleh John Logie Baird, seorang penemu asal Skotlandia, hingga kita mengenal TV dengan teknologi 3D saat ini.


Fungsi dari TV secara umum meliputi penyedia sumber informasi, kontrol sosial, media edukasi hingga media hiburan. Wah, banyak juga ternyata ya. Di samping fungsi umum semacam itu, TV memiliki fungsi psikologi seperti semacam pengusir sepi (teman) bagi banyak orang hingga pelarian dari beban hidup yang berat. Namun, TV juga ditenggarai menimbulkan banyak dampak negatif. Dari mulai sebagai pembentuk perilaku dan budaya negatif hingga dampak buruk kesehatan meliputi obesitas dan munculnya berbagai penyakit lainnya.
Tapi temans, jika kita bijak memanfaatkan TV, kita bisa mengambil manfaat positif lho bagi diri kita dan keluarga.
Nah berikut beberapa cara sederhana yang bisa kita lakukan agar mendapat manfaat positif dari TV :
1.     Pilihlah TV yang sesuai dengan ukuran ruangan. Hindari menonton TV dalam jarak terlalu dekat. Jarak ideal menonton TV adalah 5 kali panjang diagonal TV, misalnya jika kita memiliki TV dengan ukuran 29 inchi, maka jarak idealnya adalah sekitar 3,67 meter.
Termasuk disini mengatur pencahayaan yang cukup untuk ruangan menonton TV. Dengan kata lain hindari menonton TV dalam ruangan gelap.
2.      Hindari menonton TV sambil berbaring dan pilihlah kursi dengan dudukan dan sandaran untuk menopang tubuh kita dengan baik.
3.     Hanya menghidupkan TV pada saat kita ingin menontonnya. Jangan hidupkan TV hanya sebagai pengusir sepi di rumah kita.
Begitu beragamnya acara yang ditawarkan TV, menuntut kita bijak memilih program acara yang bermanfaat bagi kita. Jadi, dengan benar – benar fokus dengan sebuah acara yang bermanfaat, kita  bisa mendapat info yang berguna dari TV.
Lagipula menghidupkan TV hanya tanpa keperluan tentu akan menimbulkan biaya listrik yang lumayan. Mendingan
4.  Batasi kegiatan menonton TV agar tidak sampai menjadi kebiasaan yang akan merusak produktifitas kita.
Rata – rata waktu maksimal untuk menonton TV di berbagai usia sekitar 1 – 1,5 jam perhari. Namun anak – anak di bawah usia tiga tahun sangat tidak disarankan menonton TV yang bisa berpengaruh pada perkembangan organ mata mereka.
5.    Selalu dampingi anak – anak dalam memilih program TV yang bermanfaat bagi mereka dan beri penjelasan tentang program acara pilihan tersebut.
6.   Selalu istirahatkan mata dan rilekskan tubuh sehabis menonton TV setelah beberapa waktu tertentu.
7.    Jangan pernah jadikan TV sebagai penghilang kesepian atau pelarian psikologi pada saat kita memiliki masalah. Gunakan TV hanya untk mendapat info yang berguna, bukan sebagai pelarian. Hal ini bisa membuat kecanduan dan berdampak negatif bagi kita.
8.   Saat TV sudah berusia di atas 10 tahun, maka ia akan mulai mengalami penurunan fungsi. Biasanya dimulai dengan munculnya warna yang lebih dominan daripada warna lainnya sehingga gambar di TV kita tampak kemerahan atau kebiruan atau kehijauan. Jika ini terjadi, artinya kita harus memperbaiki TV kita atau mengganti TV kita.
9.      Hindari aktifitas makan dan minum apalagi ngemil di depan TV.
Ketika kita tidak fokus terhadap apa yang kita masukkan ke dalam tubuh kita ketika sedang menonton TV, kita cenderung makan lebih banyak. Hal ini berpotensi menimbulkan obesitas dan penyakit lainnya.
10.  Pada saat iklan, gunakan waktu tersebut untuk peregangan tubuh atau melakukan olahraga ringan. Hal ini bisa memberi manfaat lebih bagi tubuh kita. Karena kita seringkali tidak memiliki waktu khusus untuk berolahraga, maka  jeda ketika menonton bisa kita manfaatkan untuk olahraga ringan.



Teknologi dalam bentuk apapun termasuk televisi memiliki dua sisi yang berlawanan, bisa memberi dampak positif atau negatif bagi kita. Menghindarinya bisa menjadi pilihan, namun jika kita bisa bijak memanfaatkan untuk hal – hal positif dengan cara yang cerdas, teknologi termasuk TV bisa menjadi teman yang bermanfaat. Seperti layaknya memilih teman dan lingkungan yang baik dalam kehidupan kita, kita pun bisa memilih untuk memanfaatkan TV untuk banyak kebaikan dalam kehidupan kita. Jadi, yuk berteman bijak dengan TV.

Sumber : dari berbagai sumber
Sumber gambar :