Langsung ke konten utama

YUK BIJAK BERTEMAN DENGAN TELEVISI

# Tips Hari Ini


Kamu suka menonton TV? Atau anggota keluargamu suka menonton TV? Yup, hampir setiap rumah di seluruh dunia ini memiliki televisi (disingkat TV) di dalamnya. TV adalah bagian penting yang nyaris tak terpisahkan dalam perkembangan peradaban umat manusia. Cikal – bakal TV yang kita kenal saat ini mulai dikembangkan di akhir abad 19. Seiring perkembangan jaman, TV pun mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dimulai dari pemancaran gambar bayangan bergerak di tahun 1920 - an oleh John Logie Baird, seorang penemu asal Skotlandia, hingga kita mengenal TV dengan teknologi 3D saat ini.


Fungsi dari TV secara umum meliputi penyedia sumber informasi, kontrol sosial, media edukasi hingga media hiburan. Wah, banyak juga ternyata ya. Di samping fungsi umum semacam itu, TV memiliki fungsi psikologi seperti semacam pengusir sepi (teman) bagi banyak orang hingga pelarian dari beban hidup yang berat. Namun, TV juga ditenggarai menimbulkan banyak dampak negatif. Dari mulai sebagai pembentuk perilaku dan budaya negatif hingga dampak buruk kesehatan meliputi obesitas dan munculnya berbagai penyakit lainnya.
Tapi temans, jika kita bijak memanfaatkan TV, kita bisa mengambil manfaat positif lho bagi diri kita dan keluarga.
Nah berikut beberapa cara sederhana yang bisa kita lakukan agar mendapat manfaat positif dari TV :
1.     Pilihlah TV yang sesuai dengan ukuran ruangan. Hindari menonton TV dalam jarak terlalu dekat. Jarak ideal menonton TV adalah 5 kali panjang diagonal TV, misalnya jika kita memiliki TV dengan ukuran 29 inchi, maka jarak idealnya adalah sekitar 3,67 meter.
Termasuk disini mengatur pencahayaan yang cukup untuk ruangan menonton TV. Dengan kata lain hindari menonton TV dalam ruangan gelap.
2.      Hindari menonton TV sambil berbaring dan pilihlah kursi dengan dudukan dan sandaran untuk menopang tubuh kita dengan baik.
3.     Hanya menghidupkan TV pada saat kita ingin menontonnya. Jangan hidupkan TV hanya sebagai pengusir sepi di rumah kita.
Begitu beragamnya acara yang ditawarkan TV, menuntut kita bijak memilih program acara yang bermanfaat bagi kita. Jadi, dengan benar – benar fokus dengan sebuah acara yang bermanfaat, kita  bisa mendapat info yang berguna dari TV.
Lagipula menghidupkan TV hanya tanpa keperluan tentu akan menimbulkan biaya listrik yang lumayan. Mendingan
4.  Batasi kegiatan menonton TV agar tidak sampai menjadi kebiasaan yang akan merusak produktifitas kita.
Rata – rata waktu maksimal untuk menonton TV di berbagai usia sekitar 1 – 1,5 jam perhari. Namun anak – anak di bawah usia tiga tahun sangat tidak disarankan menonton TV yang bisa berpengaruh pada perkembangan organ mata mereka.
5.    Selalu dampingi anak – anak dalam memilih program TV yang bermanfaat bagi mereka dan beri penjelasan tentang program acara pilihan tersebut.
6.   Selalu istirahatkan mata dan rilekskan tubuh sehabis menonton TV setelah beberapa waktu tertentu.
7.    Jangan pernah jadikan TV sebagai penghilang kesepian atau pelarian psikologi pada saat kita memiliki masalah. Gunakan TV hanya untk mendapat info yang berguna, bukan sebagai pelarian. Hal ini bisa membuat kecanduan dan berdampak negatif bagi kita.
8.   Saat TV sudah berusia di atas 10 tahun, maka ia akan mulai mengalami penurunan fungsi. Biasanya dimulai dengan munculnya warna yang lebih dominan daripada warna lainnya sehingga gambar di TV kita tampak kemerahan atau kebiruan atau kehijauan. Jika ini terjadi, artinya kita harus memperbaiki TV kita atau mengganti TV kita.
9.      Hindari aktifitas makan dan minum apalagi ngemil di depan TV.
Ketika kita tidak fokus terhadap apa yang kita masukkan ke dalam tubuh kita ketika sedang menonton TV, kita cenderung makan lebih banyak. Hal ini berpotensi menimbulkan obesitas dan penyakit lainnya.
10.  Pada saat iklan, gunakan waktu tersebut untuk peregangan tubuh atau melakukan olahraga ringan. Hal ini bisa memberi manfaat lebih bagi tubuh kita. Karena kita seringkali tidak memiliki waktu khusus untuk berolahraga, maka  jeda ketika menonton bisa kita manfaatkan untuk olahraga ringan.



Teknologi dalam bentuk apapun termasuk televisi memiliki dua sisi yang berlawanan, bisa memberi dampak positif atau negatif bagi kita. Menghindarinya bisa menjadi pilihan, namun jika kita bisa bijak memanfaatkan untuk hal – hal positif dengan cara yang cerdas, teknologi termasuk TV bisa menjadi teman yang bermanfaat. Seperti layaknya memilih teman dan lingkungan yang baik dalam kehidupan kita, kita pun bisa memilih untuk memanfaatkan TV untuk banyak kebaikan dalam kehidupan kita. Jadi, yuk berteman bijak dengan TV.

Sumber : dari berbagai sumber
Sumber gambar :

Komentar

  1. Nonton tv seperlunya aja ye gen...kelamaan nonton buang2 waktu n mbesarkan badan aje hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi Blog saya dan mohon tinggalkan komentar ya.

Postingan populer dari blog ini

Jangan Menikah karena Cinta

#Inspirasi dari Kak Rimalia (part 2)
Hai..hai...ini dia inspirasi kedua dari kakak saya, kak Rimalia. Kali ini akan membahas tentang landasan pernikahan ya. Yuk langsung aja disantap...

Tahukah Anda, mayoritas pasangan yang menikah akan mengatakan mereka menikah karena saling mencintai. Survei yang dilakukan oleh Pew Research Center di Amerika Serikat pada tahun 2010 menemukan bahwa 93% responden yang sudah menikah mengatakan cinta adalah fondasi utama dari pernikahan. Hasil yang hampir sama juga ditunjukkan oleh responden belum menikah yaitu 84%.Hasil ini mendukung survei yang dilakukan pada tahun 1986 yang menemukan mayoritas pria dan wanita di Amerika Serikat tidak akan menikah jika tidak mencintai pasangannya,
Data-data ini menunjukkan bahwa manusia memandang cinta romantis sebagai alasan utama untuk menikah. Tetapi dalam kenyataannya angka perceraian tak pernah menurun. Sehingga timbul pertanyaan apakah menikah karena cinta adalah keputusan yang tepat?
Aaron Beckyang dikenal sebagai…

Banyak Jalan Berbagi Kebaikan, Banyak Jalan Mendapatkan Kebaikan, Inilah Kebaikan Berbagi Bagi Kita

Kita diciptakan oleh Allah dengan tujuan untuk beribadah kepada-Nya. Dan untuk itu, kita diberikan tuntutan yang sangat jelas melalui kalam-Nya yang termaktub di Al-Quran dan hadist yang diwasiatkan Rasulullah kepada kita. Dan dari perintah mulia tersebut, perintah untuk berbagi adalah salah satu perintah yang diberikan kepada kita. Perintah ini diantaranya terdapat dalam Surat An-Nisa ayat 114, surat Ali Imran ayat 92, surat Al Baqarah ayat 261 dan surat At Thalaq ayat 7.
Berbagi sendiri merupakan salah satu cara paling efektif untuk memperoleh kebahagiaan. Tak tanggung-tanggung, kebahagiaan dunia dan akhirat bisa kita dapatkan sekaligus. Selain itu kita bisa terbebas dari sikap khawatir, memperoleh ketenangan batin, menyucikan hati, terhindar dari sikap kikir yang merugikan dan masih banyak lagi.

Manfaat Berbagi :
Manfaat berbagi ini ternyata telah banyak diteliti oleh para ahli. Dimana dari hasil penelitian - penelitian ini menunjukkan hasil yang hampir sama. Dimana ketika seseorang…

Memelihara Kesetiaan Terhadap Pasangan

#Inspirasi Kak Rimalia – Part 3 (Seri Pernikahan)
Hai..hai, hari ini kita dapetin lagi inspirasi dari kak Rimalia, yang kali ini membahas tentang salah satu hal yang ehm, sangat tidak disukai dalam kehidupan pernikahan. Apa itu? Yup, perselingkuhan. Ternyata perselingkuhan ini banyak lho terjadi di negara kita.  Yuk lanjut agar kita bisa terhindar dari perselingkuhan dan tetap setia dengan pasangan.

Siapapun pasti menghendaki pasangannya setia, dan akan senantiasa mencintai dirinya,hingga maut memisahkan.Terutama para istri, kebahagiaan akan tampak jelas di wajahnya jika mengetahui dengan pasti, bahwa suami yang dinikahinya adalah seorang yang menjunjung tinggi kesetiaan dan konsisten dengan komitmen yang dibuat bersama.
Sebagian istri kadang dihantui kekhawatiran terhadap kesetiaan suaminya. Hal ini disebabkan karena para suami lebih sering keluar rumah untuk mencari nafkah, sehingga peluang untuk melakukan ketidaksetiaan lebih besar.


Berbicara tentang ketidaksetiaan dalam pernikahan seben…