WOW, PUASA TERNYATA BERMANFAAT UNTUK MENGATUR KADAR KOLESTEROL DALAM DARAH LHO


Counting Down – 30 hari menuju Ramadhan yang mulia



Temans, 30 hari lagi Insya Allah kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. Nah, biar tambah semangat, yuk simak artikel saya tentang manfaat puasa yang sangat – sangat, super banyak. salah satunya ternyata bisa mengatur kadar kolesterol dalam darah.

Kamu tentunya udah mengenal atau pernah mendengar kata kolesterol kan? Nah secara umum kita tahu nih, kolesterol itu ada yang namanya kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL).

Kolesterol adalah substansi lemak yang berguna untuk mendukung fungsi sel serta produksi hormon


Seperti diketahui, kolesterol tidak dapat larut dalam darah. Dia membutuhkan zat pengangkut yang disebut dengan lipoprotein yang akan mentransportasikan dari dan ke sel. HDL dan LDL lah yang bertugas sebagai zat pengangkut/lipoprotein tersebut. HDL tinggi baik bagi tubuh karena akan menangkap kolesterol bebas di pembuluh darah dan membawanya ke hati untuk diproses lebih baik. Sementara LDL adalah kolesterol yang mudah menempel di pembuluh darah sehingga menimbulkan plak yang akan menyumbat dan pada akhirnya bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Berbagai studi telah dilakukan untuk meneliti manfaat puasa terhadap kadar HDL dan LDL tubuh. Salah satunya dimuat dalam American Journal of Applied Sciences tahun 2007. Hasilnya menunjukkan bahwa puasa dengan benar dan baik pada bulan suci Ramadhan terbukti menurunkan LDL dan meningkatkan jumlah HDL.

Kok bisa?

Nah, pada saat berpuasa, pola tidur, pola makan dan pilihan makanan biasanya akan cenderung lebih teratur dan lebih baik. Sebagian orang cenderung akan memilih makanan sehat seperti kurma, madu dan kurma termasuk makanan rumahan dan cenderung menghindari makanan olahan. Alasan lain mengapa kolesterol bisa turun dengan puasa adalah karena sebagian besar akan mengalami penurunan berat badan yang berpengaruh pada penurunan jumlah lemak tubuh. Selain itu, ketika tubuh mencerna makanan selama lebih kurang 8 jam setelah sahur dengan glukosa, maka ketika glukosa ini menipis, maka tubuh akan menggunakan lemak.




Tetapi, untuk mendapatkan manfaat tersebut, tetap atur makanan dan minumannya ya. Kurangi makanan yang digoreng dan dimasak dengan santan, tetap berolahraga, perbanyak buah dan sayur, kacang – kacangan yang diolah dengan cara yang baik serta menjaga jumlah asupan yang masuk ke dalam tubuh akan membantu tubuh menurunkan kolesterol jahat yang bisa menimbulkan berbagai masalah di kemudian harinya. Jadi, dengan puasa sehat maka tubuh sehat pun akan kita dapatkan.

Sumber :
halodoc.com
liputan6.com
doktersehat.com