Motivasi Untuk Membangun Sikap Disiplin Demi Mencapai Tujuan

# Inspirasi Hari Ini




Hidup tak akan pernah bermakna jika kita tidak sebuah tujuan. Sebuah tujuan besar, dengan proses dan pencapaian tujuan – tujuan kecil di dalamnya. Untuk itu, selain kita membutuhkan motivasi yang kuat dengan alasan yang kuat pula, maka sikap lain yang harus dimiliki adalah sikap disiplin. Tanpa disiplin, akan sangat sulit mencapai sebuah tujuan. Tanpa disiplin, besar kemungkinan kita akan melenceng dari tujuan kita.

Namun, tentu tak mudah membiasakan untuk memiliki sikap disiplin dalam kehidupan. Karena membangun sebuah kebiasaan baru dengan konsistensi yang tinggi sangat membutuhkan tekad yang tak setengah – setengah. Tetapi jika satu – persatu tujuan kita mulai terwujud, mulai terlihat hasilnya, maka kita akan semakin mudah dan semakin dekat dengan tujuan besar kita.



Disiplin tidak hanya dibutuhkan saat akan mencapai sebuah tujuan atau impian. Sangat penting untuk memiliki sikap disiplin sebagai sarana mengontrol diri dan kehidupan agar tak menyia – nyiakan waktu dan hidup yang diberikan kepada kita. Selain itu, disiplin adalah sebuah bentuk penghargaan dan rasa bersyukur terhadap anugerah terbesar yang diberikan kepada kita, yakni kesempatan untuk terus menjadikan diri kita manusia yang semakin baik dari waktu ke waktunya.

Maka, penting bagi kita untuk menjadikan disiplin sebagai bagian dari kehidupan kita. Tidak ada pencapaian tanpa disiplin yang besar. Dan jangan pernah bercita – cita besar jika tak membiasakan disiplin dalam keseharian kita.



Saat telah menetapkan sebuah tujuan dan cara – cara mencapainya, maka penting untuk menguatkan tekad. Lalu lakukan semua tahapan proses untuk mencapai tujuan tersebut dengan disiplin. Bangunlah setiap pagi dengan tekad yang terus membara. Pastikan bahwa ada alasan besar untuk tercapainya tujuan tersebut. Saat kita terbiasa dengan disiplin demi terwujudnya impian dan tujuan tersebut, maka setiap hambatan akan menjadi sebuah irama yang memperkaya proses mencapai tujuan tersebut. Dan menunjukkan betapa besarnya hasil dari tujuan tersebut. Karena semakin tinggi sebuah tujuan, maka akan semakin banyak ujian yang menghadang. Dan semakin besar pula kedisplinan yang dibutuhkan. Maka jika disiplin sudah menjadi bagian dari hidup kita, maka tujuan tersebut, sesulit apapun akan jauh lebih mudah untuk diwujudkan.



Sumber gambar :
https://www.maxmanroe.com/
https://www.kajianpustaka.com/
http://fatkhan.web.id/