Luar Biasa, Puasa Ternyata juga Bermanfaat untuk Proses Metabolisme Tubuh


Counting down – 26 hari menuju Ramadhan yang mulia

Temans, kamu tentunya udah mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan yang mulia ya. Nah supaya makin semangat, yuk kita kulik terus manfaat puasa bagi kesehatan tubuh kita. Agar tubuh kita makin sehat dan makin kuat menghadapi berbagai penyakit di luar sana.



Temans, berdasarkan penelitian, puasa juga bermanfaat untuk metabolisme di dalam tubuh lho. Kita mengenal metabolisme sebagai salah satu proses yang terjadi dalam tubuh manusia. Metabolisme adalah semua proses kimiawi yang terjadi dalam tubuh makhluk hidup. Metabolisme ini dalam prosesnya akan melibatkan berbagai reaksi kimia dan sejumlah energi.


Metabolisme terbagi dua, yakni anabolisme dan katabolisme. Anabolisme merupakan proses pembentukan atau sintesis senyawa organik sederhana menjadi senyawa makromolekul yang lebih kompleks. Anabolisme memungkinkan tubuh untuk menumbuhkan sel – sel baru dan memelihara jaringan jaringan tubuh.

Sementara katabolisme adalah kebalikan dari anabolisme. Katabolisme akan memecah molekul – molekul besar yang kompleks menjadi bentuk yang sederhana dimana kebanyakan diantaranya akan diubah menjadi energi. Dengan energi, fungsi organ tubuh seperti jantung, ginjal dan paru – paru akan berlangsung dengan baik.

Jika metabolisme tubuh manusia terganggu, dengan kata lain terjadi ketidakseimbangan antara anabolisme dan katabolisme maka secara lambat laun akan muncul gangguan tubuh yang serius. Mulai dari diabetes tipe 1 dan 2, Penyakit gaucher’s, Malabsorpsi glukosa dan galaktosa, Hemochromatosis yang diturunkan, Maple syrup urine disease dan berbagai gangguan tubuh lainnya.

Saat kita berpuasa, proses lapar yang terjadi justru menyeimbangkan anabolisme dan katabolisme. Hal ini akan membuat asam amino dan berbagai zat lainnya dalam proses peremajaan sel dan komponennya untuk memproduksi glukosa yang selanjutnya akan mensuplai asam amino dalam darah sepanjang hari.

Cadangan protein yang cukup dalam hati akan menciptakan kondisi tubuh untuk terus memproduksi protein esensial lainnya seperti albumin, globulin dan fibrinogen. Keseluruhan proses ini membuat hati berfungsi dengan baik. Dan hal ini sangat berbeda dengan starvasi atau kelaparan jangka panjang yang bisa menyebabkan sirosis hati.

Penelitian yang terus dilakukan terhadap manfaat puasa semakin meyakinkan kita yang menjalankannya dengan penuh keikhlasan. Jadi, mari berpuasa dengan penuh keikhlasan dan hati yang bahagia. Dan rasakan berbagai manfaat bagi yang ajaib bagi kehidupan kita.

Sumber :
ardra.biz
alodokter.com
health.uzone.id
islamislami.com