Langsung ke konten utama

INI TIPS JITU BELANJA HAPPY YANG MEMBUAT BUDGET SELALU CUKUP


Aktivitas Belanja Bersama Kids

Hai hai, udah Rabu aja ya. Nah kali ini, saya akan share hal – hal yang simpel tapi mudah – mudahan berguna untuk kamu ya. Karena yang namanya teman, akan selalu berbagi hal – hal baik dan bermanfaat J.
Lanjut...

        Kamu suka berbelanja nggak? Suka nggak suka, belanja adalah bagian dari kehidupan kita sehari – hari ya Temans. Dan yang namanya belanja, pastinya membutuhkan sejumlah dana. Agar aktivitas belanja nggak sampai membuat keningmu berkerut sepulang ke rumah, kamu bisa menyiasatinya dengan menjadi konsumen yang cerdas. Yang tahu bagaimana mengelola dana dengan baik sehingga kamu bisa belanja, bisa happy, kebutuhanmu terpenuhi dan budgetmu selalu cukup.
      Belanja dengan cerdas dengan menjadi konsumen yang cerdas akan bisa mendatangkan keuntungan finansial jangka pendek hingga panjang. Kecerdasan dalam berbelanja juga mendatangkan kebahagiaan dan kepuasan secara mental dan psikologis.
Berikut beberapa tips sederhana untuk menjadi konsumen yang cerdas dalam kehidupan sehari – hari :


1.     Pembelanjaan skala kecil

Jumlah dana yang termasuk skala kecil menurut tiap individu atau keluarga tentunya berbeda. Namun secara umum, pembelanjaan skala kecil tersebut meliputi semua pengeluaran untuk belanja harian kita, mulai dari belanja bahan kebutuhan pokok hingga barang – barang yang memang menjadi kebutuhan harian kita.

Tips berikut bisa kita terapkan ketika berbelanja bahan kebutuhan harian kita :
a.      Tulis daftar belanja kita berikut jumlah yang dibutuhkan
b.     Tetap konsisten dengan daftar belanjaan kita dan tidak tergoda untuk melakukan pembelian di luar daftar tersebut
c.   Miliki sejumlah dana khusus untuk berbelanja ketika terdapat potongan harga pada produk – produk yang biasa kita gunakan
d.     Membeli produk dengan ukuran besar karena biasanya memiliki harga yang lebih murah daripada produk yang dikemas dengan ukuran yang lebih kecil
e.      Pilihlah kemasan isi ulang yang memiliki harga jauh lebih murah
f.  Hindari berlama – lama dalam berbelanja untuk menghindari godaan untuk berbelanja lebih
g.     Perhatikan sejumlah hal – hal umum dalam sebuah produk, meliputi :
-        Adanya label halal yang dikeluarkan oleh lembaga yang berwenang (untuk semua produk mulai dari makanan, kosmetik, obat hingga peralatan masak)
-        Tanggal kadaluarsa produk
-         Bahan – bahan yang terkandung dalam produk tersebut
Jika kita tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang bahan – bahan kimia yang biasa digunakan dalam berbagai produk, minimal bekali pengetahuan kita tentang produk – produk berbahaya, mengandung bahan haram dan segala sesuatu yang tidak boleh ada dalam produk yang kita gunakan.

Dan jangan lupa untuk berbelanja dengan kondisi perut yang kenyang. Karena kalau kita lapar, aktivitas belanja kita akan terganggu dan kita cenderung belanja dalam jumlah yang lebih besar.


2.     Pembelanjaan untuk produk dengan harga yang besar

Ketika kita dihadapkan pada kebutuhan yang membutuhkan dana yang besar, tentunya membutuhkan sejumlah pemikiran hingga sampai ke tahap akhir memutuskan untuk membeli sebuah produk terbaik yang mendatangkan keuntungan jangka panjang. Berikut tips – tips yang bisa kita terapkan :


a.   Rencanakan pembelian jauh – jauh hari dan lakukan penelitian tentang produk yang akan kita beli
b.   Bersikaplah bijak menghadapi kegilaan pemasaran lewat berjubelnya iklan yang berseliweran setiap hari melalui berbagai media yang kita lihat dan kita dengar
Tidak semua produk yang diiklankan benar – benar produk yang baik dan kita butuhkan. Namun jika memang tertarik terhadap sebuah iklan, tetap lakukan penelitian sebelum memutuskan melakukan pembelian
c.    Melakukan pembelian langsung dan bersentuhan langsung dengan produk yang kita inginkan akan memberikan kepuasan tersendiri namun jika harus melakukan pembelanjaan online, pilihlah toko online terpercaya yang memiliki kemudahan dalam pelayanan, keluhan hingga pengembalian barang yang tidak sesuai.
d.  Kalah membeli, menang memakai adalah sebuah slogan lama namun terbukti efektif sepanjang waktu. Utamakan membeli produk berkualitas walaupun memiliki harga yang relatif lebih mahal daripada produk sejenis dengan kualitas di bawahnya.



Dengan menjadi konsumen yang cerdas, kita akan terhindar dari dorongan belanja impulsif yang lahir dari nafsu semata. Memiliki banyak barang atau berbelanja dengan gila - gilaan tidak mencerminkan kekayaan pribadi atau mengangkat derajat kita di hadapan orang lain.
         Kekayaan sejati bukanlah sesuatu yang bisa dilihat dan diukur. Kekayaan sejati adalah  sikap hidup dan pengendalian akan kehidupan yang baik. Ketrampilan dan kebijakan dalam pengelolaan dana yang salah satunya lewat belanja dengan cara yang cerdas adalah sebuah langkah sederhana namum berdampak besar dalam kehidupan. Jadi Temans, yuk mari biasakan bersikap cerdas ketika berbelanja dan rasakan manfaat yang luar biasa dalam kehidupan kita.

*******
Sumber gambar :
Dokumen pribadi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jangan Menikah karena Cinta

#Inspirasi dari Kak Rimalia (part 2)
Hai..hai...ini dia inspirasi kedua dari kakak saya, kak Rimalia. Kali ini akan membahas tentang landasan pernikahan ya. Yuk langsung aja disantap...

Tahukah Anda, mayoritas pasangan yang menikah akan mengatakan mereka menikah karena saling mencintai. Survei yang dilakukan oleh Pew Research Center di Amerika Serikat pada tahun 2010 menemukan bahwa 93% responden yang sudah menikah mengatakan cinta adalah fondasi utama dari pernikahan. Hasil yang hampir sama juga ditunjukkan oleh responden belum menikah yaitu 84%.Hasil ini mendukung survei yang dilakukan pada tahun 1986 yang menemukan mayoritas pria dan wanita di Amerika Serikat tidak akan menikah jika tidak mencintai pasangannya,
Data-data ini menunjukkan bahwa manusia memandang cinta romantis sebagai alasan utama untuk menikah. Tetapi dalam kenyataannya angka perceraian tak pernah menurun. Sehingga timbul pertanyaan apakah menikah karena cinta adalah keputusan yang tepat?
Aaron Beckyang dikenal sebagai…

Banyak Jalan Berbagi Kebaikan, Banyak Jalan Mendapatkan Kebaikan, Inilah Kebaikan Berbagi Bagi Kita

Kita diciptakan oleh Allah dengan tujuan untuk beribadah kepada-Nya. Dan untuk itu, kita diberikan tuntutan yang sangat jelas melalui kalam-Nya yang termaktub di Al-Quran dan hadist yang diwasiatkan Rasulullah kepada kita. Dan dari perintah mulia tersebut, perintah untuk berbagi adalah salah satu perintah yang diberikan kepada kita. Perintah ini diantaranya terdapat dalam Surat An-Nisa ayat 114, surat Ali Imran ayat 92, surat Al Baqarah ayat 261 dan surat At Thalaq ayat 7.
Berbagi sendiri merupakan salah satu cara paling efektif untuk memperoleh kebahagiaan. Tak tanggung-tanggung, kebahagiaan dunia dan akhirat bisa kita dapatkan sekaligus. Selain itu kita bisa terbebas dari sikap khawatir, memperoleh ketenangan batin, menyucikan hati, terhindar dari sikap kikir yang merugikan dan masih banyak lagi.

Manfaat Berbagi :
Manfaat berbagi ini ternyata telah banyak diteliti oleh para ahli. Dimana dari hasil penelitian - penelitian ini menunjukkan hasil yang hampir sama. Dimana ketika seseorang…

Memelihara Kesetiaan Terhadap Pasangan

#Inspirasi Kak Rimalia – Part 3 (Seri Pernikahan)
Hai..hai, hari ini kita dapetin lagi inspirasi dari kak Rimalia, yang kali ini membahas tentang salah satu hal yang ehm, sangat tidak disukai dalam kehidupan pernikahan. Apa itu? Yup, perselingkuhan. Ternyata perselingkuhan ini banyak lho terjadi di negara kita.  Yuk lanjut agar kita bisa terhindar dari perselingkuhan dan tetap setia dengan pasangan.

Siapapun pasti menghendaki pasangannya setia, dan akan senantiasa mencintai dirinya,hingga maut memisahkan.Terutama para istri, kebahagiaan akan tampak jelas di wajahnya jika mengetahui dengan pasti, bahwa suami yang dinikahinya adalah seorang yang menjunjung tinggi kesetiaan dan konsisten dengan komitmen yang dibuat bersama.
Sebagian istri kadang dihantui kekhawatiran terhadap kesetiaan suaminya. Hal ini disebabkan karena para suami lebih sering keluar rumah untuk mencari nafkah, sehingga peluang untuk melakukan ketidaksetiaan lebih besar.


Berbicara tentang ketidaksetiaan dalam pernikahan seben…