INI LHO MEKANISME PUASA UNTUK DETOKSIFIKASI TUBUH


27 Rajab 1441 H ( bertepatan dengan peringatan Isra Mik’raj Nabi Muhammad)
-32 hari menjelang Ramadhan yang mulia-


Temans, lebih kurang satu bulan lagi, Insya Allah kita akan memasuki bulan suci Ramadhan dan menjalankan ibadah puasa dan banyak ibadah lainnya dimana nilai pahalanya sangat luar biasa. Nah biar tambah semangat menjalankan puasa, yuk kulik berbagai manfaat puasa.
Tapi ingat ya, manfaat ini akan didapatkan manakala puasanya dijalankan dengan benar dan baik. Yakni diawali dengan niat yang lurus, dilakukan dengan benar dan dimotivasi dengan mengetahui manfaat yang luar biasa bagi kehidupan kita baik selama di dunia maupun kelak di akhirat.

Nah salah satu manfaat puasa adalah untuk detoksifikasi tubuh.

Detoksifikasi atau detoks adalah proses pembersihan racun dari dalam tubuh.


Tanda tubuh menimbun racun :

Sakit kepala yang sering, muncul berbagai masalah kulit, tubuh gampang lelah dan munculnya sariawan.

Terus darimana saja racun itu berasal ?
Racun tersebut bisa berasal dari dalam maupun luar tubuh.

Gaya hidup tidak sehat, perokok, stres, zat sisa metabolisme, radikal bebas, gangguan fungsi hormon, pemakaian obat – obatan, konsumsi lemak trans, makanan olahan dan polusi udara

Temans, tubuh pada dasarnya memiliki kemampuan untuk membersihkan tubuh misalnya dengan buang air kecil, besar dan berkeringat. Tetapi dengan semakin banyaknya racun di dalam tubuh, tubuh akan kesulitan memaksimalkan fungsi tersebut.

Berpuasa akan memberi manfaat maksimal saat tubuh melakukan detoks karena puasa itu sendiri merupakan proses detoksifikasi yang alami.


Berikut cara detoksifikasi saat berpuasa :

Puasa akan mengistirahatkan sel, jaringan hingga organ tubuh. Diantaranya hati, pangkreas, lambung, usus besar dan usus halus. Kelima organ tersebut merupakan organ yang berperan dalam proses pencernaan makanan dan minuman. Dengan mengistirahatkan organ – organ tersebut dalam rentang waktu selama lebih kurang 14 jam, maka ketika saatnya berbuka nanti, maka kerja dari organ – organ tersebut akan jauh lebih maksimal untuk melakukan pekerjaannya. Mulai dari mencerna makanan hingga membuang racun dari dalam tubuh.


Berpuasa juga akan mengurangi masuknya radikal bebas dari makanan dan minuman yang masuk ke tubuh. Hal ini juga tentunya akan membantu mengurangi tumpukan radikal bebas yang merupakan racun di dalam tubuh.





Jadi yuk puasa dengan benar dan dapatkan manfaat detoksifikasi dari puasa yang penuh keajaiban.

Sumber :
health.detik.com
halodoc.com