INI DIA MANFAAT PUASA UNTUK MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH DAN MENAMBAH JUMLAH SEL DARAH PUTIH


Counting down - 31 hari menjelang Ramadhan yang mulia



Temans, daya tahan tubuh yang kuat sangat kita butuhkan untuk menangkal dan melawan berbagai jenis penyakit yang berasal dari banyak penyebab. Kamu tahu kan bahwa kita nggak mungkin selalu bisa menghindari lingkungan yang berpotensi membuat tubuh menjadi lemah dan ujung – ujungnya jadi gampang sakit. Namun ada langkah jitu untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan meningkatkan daya tahan tubuh.

Kabar baiknya, berpuasa yang dilakukan secara benar akan memberi manfaat yang luar biasa bagi tubuh sehubungan dengan hal ini. Berdasarkan penelitian yang dilakukan selama bertahun – tahun oleh berbagai pakar di berbagai bidang ilmu, puasa ternyata berpengaruh pada usia harapan dan kualitas hidup manusia lho. Karena puasa bisa meningkatkan jumlah sel darah putih yang secara signifikan yang ujung – ujungnya akan meningkatkan daya tahan tubuh.

Berdasarkan penelitian, pada minggu pertama puasa memang belum ditemukan adanya peningkatan pertumbuhan sel darah putih. Namun memasuki hari ketujuh berpuasa, akan terjadi penambahan jumlah sel darah putih yang sangat pesat. Seperti diketahui, sel darah putih merupakan unsur utama dalam pertahanan tubuh terhadap berbagai penyakit.


Sementara pada penelitian yang lain, tubuh mulai memproduksi sel darah putih pada hari ketiga berpuasa. Dan salah satu hal yang menggembirakan adalah bahwa hal ini juga berpengaruh terhadap para lansia dan para pasien kemoterapi. Puasa akan meregenerasi sistem kekebalan tubuh dimana puasa akan membangkitkan sel induk yang akan memproduksi jumlah sel darah putih.

Seiring usia dan diperburuk oleh gaya hidup yang kurang baik, kekebalan tubuh akan cenderung menurun. Hal ini bisa diperbaiki dengan berpuasa secara tepat. Berpuasa akan “memaksa” tubuh menggunakan simpanan glukosa dan lemak yang membuat tubuh menyebarkan sebagian besar sel – sel darah putih. Selama siklus berpuasa, penipisan sel darah putih juga akan membuat sel induk meregenerasi sel – sel sistem kekebalan tubuh yang baru.

Saat kita lapar ketika sedang berpuasa, maka sistem tubuh kita akan menghemat energi. Dimana saat menghemat energi tersebut, maka tubuh akan mendaur ulang banyak sel kekebalan tubuh yang tidak diperlukan, termasuk yang tidak diperlukan. Manfaat secara keseluruhan dari semua itu akan berpengaruh pada peningkatan kekebalan tubuh sehingga mampu melawan berbagai penyakit. Jika pada mereka yang mengalami kerusakan sel yang parah, puasa akan memberikan efek yang luar biasa, bisa dibayangkan bagaimana terhadap tubuh dengan sel – sel tubuh yang masih mengalami kerusakan yang sedikit. Jadi, yuk siapkan diri untuk berpuasa dengan benar di bulan Ramadhan nanti plus membiasakan untuk berpuasa sunah dan dapatkan tubuh yang makin kuat dan sehat.



Sumber :
m.hidayatullah.com
doktersehat.com
freepik.com