Ini Dia Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Ginjal yang Sebaiknya Kamu Ketahui


Counting down – 23 hari menuju Ramadhan yang mulia


Sumber gambar : https://www.emc.id/

Hmm, bulan puasa sudah semakin dekat ya. Sudah pada nyiapin apa saja untuk menyambutnya? Yang pastinya mengencangkan niat ya, karena puasa tahun ini kita benar – benar harus ekstra semangat, karena ujian hidup makin berat. Ya, dengan pandemi Corona yang hingga hari ini masih berlangsung, membuat kita semakin sadar bahwa dunia ini memang ladangnya ujian, sehingga apapun bentuk ujiannya, mau tak mau kita harus siap dan terus semangat. Dan pastinya semakin mendekatkan diri kepada Allah Yang Maha Kuasa.

Nah, biar tetap semangat, mari kita kulik terus manfaat puasa yang rrruuuuarrrr biasaaaa.....
Dan hari ini kita bahas manfaatnya untuk kesehatan ginjal kita ya. Organ yang satu ini fungsinya sangat penting tapi masih banyak lho yang abai untuk menjaga kesehatannya. Dengan berpuasa, kita bisa mendapatkan manfaat kesehatan ekstra untuk ginjal yang lebih sehat.

Temans, kamu tau dong bahwa setiap manusia memiliki sepasang ginjal (renal) yang memiliki beberapa fungsi sebagai berikut :




Sumber gambar : Kemenkes RI

Kebayang kan jika ginjal tak berfungsi dengan baik...

Setiap harinya, ginjal menyaring 200 liter darah dan mengeluarkan 2 liter zat buangan lewat urine. Sedemikian vitalnya fungsi ginjal, tak heran jika terjadi masalah pada organ yang satu ini, maka bisa dipastikan orang yang mengalaminya akan mengalami masalah yang serius pula.

Pada saat kita berpuasa, otomatis asupan air dan makanan akan terhenti. Pada keadaan ini, kekurangan air yang terjadi justru mampu meminimalkan volume air pada darah. Keadaan ini mampu memacu laju kinerja mekanisme lokal yang mengatur pembuluh darah dan menambah prostaglandin yang nantinya akan memacu fungsi dan kinerja sel darah merah. Saat berpuasa, konsentrasi urin akan meningkat dan meningkatkan kekuatan osmosis urine yang akan mendukung kesehatan ginjal secara keseluruhan.

Puasa juga membuat organ ginjal bisa beristirahat dengan baik. Dengan istirahat yang baik ini, ginjal pun mampu melaksanakan fungsinya untuk membuang racun dari dalam tubuh melalui urine.

Sedemikian banyaknya manfaat puasa terhadap ginjal dan kesehatan tubuh secara umum membuat kita makin yakin untuk menjalankannya dengan sebaik mungkin. Hal ini menunjukkan betapa besarnya kasih sayang Allah lewat perintah yang diberikan-Nya kepada hamba-Nya agar berpuasa dengan baik. Dapat pahala plus bonus kesehatan yang luar biasa.

Ingin tahu manfaat puasa lainnya, ini salah satunya ya, Manfaat puasa untuk metabolisme tubuh.

Sumber :
hellosehat.com
ketahui.com
manfaat.co.id