AJAIB, INI MANFAAT PUASA UNTUK MENINGKATKAN RASA NYAMAN DAN KETAJAMAN BERPIKIR


Counting down – 27 hari menuju Ramadhan yang mulia

Temans, kita makin dekat ya dengan bulan Ramadhan. Nah, yuk eksplor terus manfaat puasa agar puasanya tambah semangat. Cekidot.


Ada sebagian orang yang berpikir bahwa puasa akan membuat mereka menjadi malas berpikir dan akan lebih menyenangkan memilih aktifitas istirahat dan bermalas – malasan. Tetapi berdasarkan penelitian, yang terjadi justru sebaliknya lho.



Ternyata saat kita berpuasa, akan terjadi peningkatan kemampuan otak untuk berpikir. Hal ini terjadi karena terjadi peningkatan neutropik yang diturunkan dari otak. Hal ini berdampak positif terhadap sel – sel otak dimana sel – sel otak yang diproduksi akan semakin banyak. Hal inilah yang berpengaruh pada kinerja otak.

Ketika kita berpuasa, pikiran juga akan ikut melambat. Pikiran yang melambat ini akan menjadikan pikiran menjadi lebih tajam. Selain itu, bagian kreatifitas otak pun akan ikut meningkat. Rasa lapar yang terjadi manakala kita berpuasa akan “memaksa” otak untuk berpikir lebih tajam dan kreatif.

Meningkatnya ketajaman dan kreatifitas otak ternyata memberikan efek nyaman pada tubuh. Dimana ketika tubuh mengeluarkan kemampuan dan ketajaman daya pikirnya dan diarahkan kepada hal – hal positif dan produktif, otomatis tubuh akan bereaksi positif dan berada dalam kondisi nyaman. Sementara sebaliknya, otak yang malas akan berpengaruh pada tubuh yang malas dan hal ini ternyata tidak nyaman pada tubuh. Seperti yang kita ketahui, ternyata tubuh memang dirancang untuk produktif, alih – alih bermalas – malasan.



Tapi tetap ya temans, pilih asupan makanan yang baik, jaga gaya dan pola hidup dengan baik, senantiasa berpikir positif dan senantiasa bersyukur. Dan yang paling utama adalah meniatkan puasa untuk meraih ridha Allah. Dengan puasa, dapatkan manfaat positif dengan meningkatnya kinerja otak, yang akan berpengaruh pada kualitas hidup jangka panjang.

Sumber :
manfaat.co.id
sehatfresh.com
freepik.com